Pages

Dekat Jakarta: Melipir ke hutan pinus Loji


Bagi kalian yang berdomisili di Jakarta rutinitas perkotaan memang kadang menyebalkan. Apalagi yang sudah kecanduan traveling, pasti bawaannya ingin menjauh terus dari kota. Tapi, tak selamanya modal dan waktu itu berjodoh. Mau jalan yang jauh-jauh tapi duitnya menjauh. Si modal sudah mendekat, eh waktunya yang ketat. NASIB!

Nah, di saat bertemu momen-momen ngeselin seperti itu, solusinya kalian bisa coba 'kemcer' alias kemping ceria di beberapa tempat yang bisa dibilang dekat dengan Jakarta. Selain dekat, biaya yang kamu keluarkan juga relatif murah. Menurut pengalaman gue sih biaya yang dibutuhkan cuma Rp100 ribuan lho.


Salah satu tempat favorit gue buat kemcer sih di hutan pinus Loji. Lokasinya cukup dekat dari kota Bogor, tidak sampai 1 jam perjalanan. Hutan Pinus Loji berada di desa Pasir Jaya, Cigombong, Bogor, dan masuk dalam area Taman Nasional Gunung Halimun-Salak.

Cari tempat kemping dekat jakarta? Baca juga dong Mencari keheningan di Pulau Karang Congkak

Hutan pinus Loji memiliki camping ground yang luas. Camping ground tersebut menyatu dengan kerennya pohon-pohon pinus yang berdiri kokoh. Selain sebagai tempat camping, Loji juga menjadi surga bagi para penggiat Hammocking karena banyaknya pohon pinus yang tumbuh tak menyulitkan bagi para Hammockers menggantungkan hammocknya.


Tidak hanya camping ground saja, hutan pinus Loji juga terdapat penangkaran elang. Ada sekitar empat kandang yang cukup luas, di mana masing-masing kandangnya dihuni oleh satu ekor elang. Elang-elang ini nantinya siap dilepaskan ke alam bebas.

Selain penangkaran elang, ada juga Curug Cibadak yang jaraknya dari camping ground sekitar 1 kilometer. Namun, sayangnya waktu gue kesini jalur menuju curug Cibadak tertutup longsoran sehingga tak bisa dilewati.

Fasilitas pendukung kemping ceria di sini cukup lengkap. Ada toilet umum dan musholla. Jadi walaupun kemping di hutan kalian masih bisa tampil cakep karena bisa mandi. Minimal cuci muka biar muka berubah ganteng jadi Christian Sugiono ya nggak? Masa udah bawa gebetan kemping muka masih lusuh berminyak macem bakwan, Ha..ha..ha!

Nah, buat yang masih terjebak penatnya Jakarta kalian bisa langsung datengin hutan pinus Loji. Bagaimana cuma Rp100 ribu bisa camping ceria? Kalau gue sih yang menggunakan motor cukup isi bensin full (30 ribu) bisa untuk pergi-pulang, tiket masuk, dan patungan logistik cukup Rp
30 ribu rupiah. 

How to get there?

1. Kalau kalian bawa kendaraan pribadi dari Bogor kalian bisa ikuti rute BTM - Surya Kencana - Siliwangi - Batu Tulis - Jl. Raya Cipaku - Cijeruk - Cijeruk Maseng - Pasir Jaya - Loji

2. Kalian juga bisa mencarter angkot dari stasiun Bogor atau dari depan BTM

3. Akses masuk dari jalan raya jalanannya belum beraspal. Jaraknya sekitar 1,5 kilometer

4. Terdapat area parkir di pos penjagaan

5. Biaya retribusi Rp 15 ribu untuk camping satu malam. (update per Agustus 2016)

UPDATE terbaru per Mei 2017 ini bagi kamu yang mau ke hutan pinus Loji berhati-hati aja karena sekarang mulai banyak preman lokal yang meminta retribusi sembarangan sebelum pintu masuk. Mereka meminta uang secara ilegal berkedok tiket masuk dan biaya parkir kendaraan. Menurut gue ini harus jadi perhatian pemerintah lokal untuk menertibkan mereka.

Baca juga dong Menyusuri jalan panjang Gunung Argopuro

Lihat foto-foto perjalanan gue lainnya di sini

Tuan Kembara

Lebih baik jadi burung kecil yang terbang bebas daripada jadi raja yang tertawan. Tertarik di bidang dokumentasi, musik, historia dan humaniora.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar