Pages

Puntang-panting naik Gunung Puntang

Puntang-panting naik Gunung Puntang

Sudah bukan rahasia lagi Bandung itu identik dengan daerah yang dikelilingi pegunungan cantik. Makanya ada istilah yang beredar "Bandung di Lingkung Gunung" karena terdapat puluhan gunung-gunung bekas letusan gunung Sunda Purba.
Salah satu gunung yang cukup dikenal adalah Gunung Puntang. Gunung Puntang berada di wilayah selatan, atau tepatnya berada di Desa Cimaung, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung. Dari pusat Kota Bandung kurang lebih memerlukan waktu sekitar 1,5 jam untuk mencapai Kecamatan Banjaran. 

Gunung Puntang memang lebih dulu populer sebagai bumi perkemahan yang berada di kaki gunungnya. Selain itu, terdapat bangunan tua bekas peninggalan Belanda yang dahulu berfungsi sebagai stasiun pemancar radio komunikasi.

Gunung Puntang yang berketinggian 2223 mdpl masuk dalam jajaran pegunungan Malabar. Nama puncaknya adalah puncak Mega. Saya belum tahu mengapa dinamakan puncak Mega.

Jalur pendakian Gunung Puntang bisa dibilang minim jalan landai. Tanjakan yang curam plus lebar jalur yang semakin ke atas semakin sempit dan berbatu jadi tantangan tersendiri. Belum lagi banyak pohon-pohon berduri yang banyak tumbuh di hutannya. Butuh waktu sekitar 6 - 7 jam untuk sampai puncak.


Kebetulan, gue berkesempatan ke sana pada 2013 lalu. Awalnya gue enggak berpikir kalau jalur pendakian begitu mendebarkan.

Di awal-awal pendakian, kamu akan masuk jajaran pohon pinus dengan jalur yang masih landai. Makin masuk ke dalam, jalur semakin menanjak dan semakin curam. Jalur makin berat dilalui karena ketiadaan akar-akar yang bisa dijadikan pijakan layaknya tangga. Jalur hanya terdiri dari tanah dan tanah yang membuat semakin berat perjalnan. Enggak kebayang deh kalau hujan turun gimana licinnya jalur pendakian.

Setelah bertemu pos bayangan yang bisa menampung 3 tenda, jalur didominasi batu-batu besar dengan sesekali menjorok ke jurang yang cukup dalam. Hati-hati jika kamu melewati jalur ini karena selain curam, juga batu-batu yang rawan longsor.

Perjalanan yang puntang-panting tersebut terbayar lunas saat kamu sampai di puncak Mega. Pemandangan menawan sangat luas sejauh mata memandang. Terlihat deretan pegunungan yang mengelilingi kota Bandung. Nampak luasnya kabupaten Bandung juga menjadi pelengkap yang manis di puncak Mega.

Bagaimana? berminat mencoba 'puntang-panting' di Gunung Puntang? Simak dulu nih tipsnya:

1. Tidak ada sumber air selama pendakian. Jadi kamu wajib hukumnya mengisi air di bawah.

2. Untuk pendaftaran kamu bisa mengurusnya di Pos PGPI (Persaudaraan Gunung Puntang Indonesia). yang berada sebelum pintu masuk pendakian.

3. Jika menggunakan kendaraan umum, dari Terminal Leuwi Panjang naiklah angkutan menuju Tegalega, dari Tegalega dapat dengan mudah ditemukan angkutan dengan jurusan Banjaran-Tegal Lega.

Baca juga dong:

Pendakian Gunung Manglayang

Hai Kamu! Dapat salam tuh dari tanjakan Gunung Cikuray

Lihat foto-foto perjalanan gue lainnya di sini

Tuan Kembara

Lebih baik jadi burung kecil yang terbang bebas daripada jadi raja yang tertawan. Tertarik di bidang dokumentasi, musik, historia dan humaniora.

2 komentar: